Menaker: Indonesia Bukan Negara Tertutup

By Admin

nusakini.com--Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menegaskan bahwa Indonesia bukan negara tertutup. Indonesia terbuka termasuk bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) legal yang bekerja sesuai aturan yang berlaku. 

“Sederhana saja. Yang penting mereka ini legal. Kita bukan negara yg tertutup. Kita negara yang terbuka,” ujar Menaker dalam forum diskusi bersama seluruh Kepala Dinas Tenaga Kerja se-Sulawesi Tengah, di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (16/5). 

Menurut Menaker, jika ada masyarakat yang mempersoalkan keberadaan TKA legal, maka hal itu juga menjadi tugas Dinas Tenaga Kerja di daerah untuk memberikan penjelasan. Dalam hal ini Menaker meminta seluruh Disnaker tidak ragu-ragu dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. 

“Kalau ada yang ilegal, tugas kita menindak. Kalau masyarakat mempersoalkan kita jelaskan. Tolong akalau ada pelanggarakan langsung ditindak saja. Jangan ragu-ragu,” ungkapnya. 

Selain itu, Menaker juga mengimbau Disnaker di daerah untuk berkoordinasi dengan pihak imigrasi serta kepolisian setempat jika ada TKA yang melanggar ketentuan yang berlaku. “Integritas itu penting. Kondusifitas iklim investasi harus dijaga,” katanya. 

Pada kesempatan tersebut Menaker juga menyampaikan terimakasih kepada Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Tengah serta seluruh pejabat Disnaker yang hadir karena perayaan May Day tahun ini berjalan kondusif. Kedepan, Menaker berharap peringatan May Day bisa menjadi daya tarik pariwisata jika buruh menyuarakan aspirasinya dengan cara-cara yang segar seperti karnaval buruh misalnya. 

“Terimakasih May Day kemarin juga berjalan dengan baik. May Day kedepan saya harap bisa menjadi daya tarik wisata,” pungkas Menaker.(p/ab)